Rabu, 07 Desember 2011

Home Industry Hj. Enong Semakin Maju


Martapura,Humas(10/07/08).Apabila suatu keterampilan atau jenis usaha digeluti dengan sabar, tekun dan sepenuh hati, maka sudah barang tentu akan menghasilkan untung yang tidak sedikit, bahkan keuntungan itupun bisa berimbas terhadap peningkatan tarap kehidupan orang yang ada disekitarnya.
Hal ini dibuktikan dan dirasakan langsung oleh salah seorang penduduk, Hj. Norhayati atau familiar dengan sebutan Hj. Enong warga desa Pekauman Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar.

Hj. Norhayati bersama suaminya H. Abdul Hamid telah mengecap sukses dari hasil jerih payahnya selama ini, yaitu berupa usaha rumah tangga (Home Industry) yang bergerak di bidang pembuatan aneka Kue khas Hj. Enong, yang sudah dirintisnya sejak tahun 1998 hingga sekarang.

Menurut Hj. Enong, hanya dengan modal awal sekitar 100 ribu rupiah hingga sekarang dia sudah mempunyai omset mencapai ratusan juta rupiah dan mampu mempekerjakan 12 orang karyawan. Sebagian karyawan adalah dari keluarga sendiri dan ada juga dari orang yang bertempat tinggal dekat dengan rumahnya.


Usaha rumah tangga berupa produksi beragam jenis kue yang dikelola Hj. Enong menghabiskan bahan dasar kurang lebih 75 Kilogram tepung dan 200 Kilogram telur per hari, belum lagi ditambah dengan bahan-bahan campuran lainnya. Dan  menghasilkan 10 macam jenis kue, diantaranya kue puding, brownise, bolu lapis keju, dan juga kue gulung lapis (Role Cake) yang merupakan produk khas unggulannya.

Untuk pemasaran aneka kue hasil olahan rumah tangganya ini, Hj. Enong menjelaskan, selain dipasarkan di seluruh daerah di Kalimantan Selatan juga sudah mencapai kota-kota lain se-pulau Kalimantan seperti Palangkaraya, Grogot, dan Samarinda.

Adapun untuk kesejahteraan para pekerjanya, Hj. Enong sangat memperhatikan dan menyerahkan ketentuan kepada setiap pekerjanya, mau menerima sistem gaji mingguan, persetengah bulan ataukah sebulan sekali selain tentunya  bonus tambahan yang diberikan atas keuntungan yang diperoleh.

Cita rasa kue yang dihasilkan pun tidak pernah berubah, hal ini demi menjaga selera serta kepuasan pelanggan. Dan  yang uniknya lagi Enong menuturkan, usaha rumah tangganya ini malah mengalami kemajuan pesat ketika terjadi krisis ekonomi di Indonesia, sangat ironis dengan realita waktu itu yaitu banyaknya pengusaha lain yang gulung tikar.

Sampai saat ini, produksi rumah tangga yang dibangunnya belum pernah mengalami kerugian, bahkan pesanan semakin meningkat apabila  menjelang hari raya dan hari-hari besar lainnya. Meskipun kadang-kadang timbul kendala seperti meningkatnya harga bahan dasar ataupun kerusakan alat produksi,  namun masih bisa diatasi bersama suaminya.

           Hj. Enong berharap, usaha yang telah lama dirintisnya ini bisa semakin berkembang, sehingga bukan hanya bisa memberikan keuntungan buat keluarganya, tetapi juga bisa memberikan dampak positif berupa peningkatan pendapatan dan kesejahteraan hidup bagi para karyawannya.

5 komentar:

  1. proving your inspiration become real imagination..Hj Enong its real business women

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. proving your inspiration become real imagination..Hj Enong its real business woman

    BalasHapus